Jangan remehkan pertanian, Jangan remehkan IPB

Indonesia negeriku…

Negara kepulauan yang memiliki beribu-ribu pulau dengan kekayaan sumber daya alam yang bervariasi dan sangat melimpah, negara multikulturalisme.

Negara ini seharusnya dapat menjadi negara yang kuat dengan sumber daya alam nya yang tumpah ruah serta sumber daya manusia yang menempati urutan keempat terbesar di dunia. Namun pada nyatanya, negara ini belum berhasil mengatasi masalahnya.

Tanah Nusantara ini sebenarnya tanah surga, begitu subur, buminya menyimpan tambang-tambang emas, batubara dan juga minyak bumi yang melimpah. lautannya begitu luas.

Indonesia saat ini adalah produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Produksi kelapa sawit Indonesia pada tahun 2008 adalah 19,2 ton. kebun-sawit3

Bahkan devisa negara dari ekspor minyak kelapa sawit mentah (cpo) mencapai Rp13,5 triliun!!

Nih salah satu perkebunan kelapa sawit di Indonesia moratoriumKelapa sawit kini banyak dimanfaatkan sebgai minya goreng, mentega, sabun bahkan menjadi salah satu bahan pembuat kosmetik.

 

Selain itu, Indonesia juga menjadi produsen kopi nomor tiga terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Tahun 2012, produksi kopi Indonesia tercatat sebesar 748 ribu ton per tahun atau 6,6% dari produksi kopi dunia. Berikut beberapa kopi andalan negeri, Gayo Coffee, Mandaling Coffee, Lampung Coffee, Java Coffee, Kintamani Coffee, Toraja Coffee, Bajawa Coffee, Wamena Coffee, dan juga Luwak Coffee.

Tahu kan, kalo Kopi Luwak adalah Kopi termahal di dunia? productsSatu cangkir kopi luwak, di Negara Inggris dijual dengan harga £70 atau sekitar satu juta rupiah!

 

Produksi karet alam Indonesia pada 2011 merupakan terbesar ke dua di dunia yakni mencapai 2.982.000 ton. Dimana kontribusinya terhadap produksi karet dunia mencapai 27,06%.
Indonesia memiliki luas area karet mencapai 3.445.000 hekatare dengan 85% merupakan perkebunan karet rakyat. Namun produktivitas Indonesia masih lemah yakni hanya 986 kg per hektare per tahun.

 

Saat ini Indonesia masih menjadi produsen kakao terbesar ketiga sejagat setelah Pantai Gading dan Ghana. cara membuat coklat lezat Indonesia bahkan ditargetkan akan menjadi produsen pengolahan (grinding) kakao terbesar dunia pada 2015 dengan produksi 600 ribu ton kakao per tahun. kakao telah menjadi komoditas utama di sektor perkebunan Indonesia selain kelapa sawit dan karet.

Sadar gak sih, semua produk dan sumber daya alam itu semua tidak salah lagi berasal dari hasil pertanian. itu artinya, pangan kalian, gaya hidup kalian gak akan bisa jauh dari produk/hasil pertanian. Mobil juga gak akan bisa jalan tanpa ban yang merupakan salah satu hasil perkebunan. dan bagi kalian yang suka coklat, ingat..semua itu berasal dari pertanian!

Maka, kalian pasti malu kalo selama ini meremehkan pertanian. salah satu sektor yang menyumbang devisa negara sangat banyak.

Beruntunglah, saya saat ini berada di institusi yang sangat berpengaruh bagi perkembangan pertanian di Indonesia. Beruntunglah saya bisa menuntut ilmu di salah satu kampus pertanian terbaik di Indonesia! Kampus yang akan mengantarkan menjadi kreator peradaban untuk memajukan pertanian di Indonesia. Di kampus tercintaku… ipb_logo

Bogor Agricultural University

IPB merupakan lembaga pendidikan tinggi pertanian yang lahir dari  keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang kemudian disyahkan oleh Presiden RI Pertama kita yaitu Ir. Soekarno.

Sampai saat ini IPB sudah mendapatkan bagai penghargaan. IPB juga meraih peringkat 119 Asia dan 600+ Dunia (QS World University Ranking) dan Top 5 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia bersama-sama dengan UI, UGM, ITB dan UNAIR. Ranking IPB

IPB juga merupakan perguruan tinggi paling inovatif di Indonesia. Tahun 2012 dari- 104 Indonesia Innovations : 46,1% inovasi berasal dari IPB. Di IPB kita dilatih menjadi wirausahawan muda.

Ibu Medhanita penemu software penerjemah tangisan bayi
Dosen IPB -Ibu Medhanita- penemu software penerjemah tangisan bayi
nadine
-Nadine Adrianna Sugianto- Mahasiswa Berprestasi Nasional 2013 dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB
Jangan remehkan pertanian. Jangan remehkan IPB

Saya bangga menjadi mahasiswi di salah satu kampus terbaik di Indonesia. Sebagai seorang mahasiswa, saya akan belajar dengan sungguh-sungguh, menjunjung tinggi nama baik kampus saya, saya akan berguna bagi masyarakat Indonesia, dan mengabdi bagi bangsa dan negara. Hidup mahasiswa!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s